Hayo
Kerangka Carmonay (cari monay (uang))
1. ABSTRAK : ingin mengumpulkan uang sebanyak-banyaknya, tapi terkendala hukum, sehingga hanya bisa itu-itu saja.
2. ORIENTASI : Rumah, Jalan, Hutan.
3. KOMPLIKASI :
- Kesulitan mencari point (uang), para cicak melawan
- muncul seorang micro (teman ataukah musuh?)
- cicak besar sulit dibasmi, perlu dipukul beberapa kali
- cicak sangat mengganggap remeh manusia
4. EVALUASI : Andro harus lebih semangat membasmi cicak dan auto dapat point, untuk musuh yang kuat, ia membutuhkan bantuan, micro yang muncul sangat membantu, lalu ia menghilang.
5. RESOLUSI : Dengan bakat seadanya Andro bisa mengumpulkan beberapa uang. Tapi ia sangat jera ketika bermunculan para cicak besar. Alam memberikan pertolongan dengan hadirnya micro.
6. KODA : Kita boleh memulai sesuatu, tapi jangan berlebihan yang membuat lelah dan kesulitan.
Sebenarnya semua tinggal ditulis saja pelan-pelan, nanti ceritanya pasti akan terkumpul dengan sendirinya. Dimulai dari mana? Mulailah dari konflik besar, setelah itu nanti dipikirkan kembali untuk cerita awalan yang mengalir.
Nadi Cerita:
1. Normal/perkenalan
2. Keinginan
3. Kesulitan (bisa berkembang)
4. Halangan (bb)
5. Hampir sukses (bb)
6. Masalah membesar (bb)
7. Solusi/pelesai masalah
8. Berhasil
Cerita Singkatnya:
Andro sedang duduk memikirkan nasibnya yang tidak punya banyak uang. Ia bertanya-tanya apakah masalah dalam hidupnya adalah soal keuangan. Banyak hal yang ia yakini sebagai sumber uang, mulai dari pekerjaan yang sering dijadikan cita-cita banyak orang, sampai yang juga kadang menjadi pengharapannya. Kemudian ia teringat hasil dia memukul cicak waktu itu. Ia pun memutuskan untuk melakukan pemburuan terhadap cicak di wilayah sekitarnya.
Andro ingin mengumpulkan uang sebanyak-banyaknya, namun diantara pekerjaan banyak yang ia tak boleh sebab haram. Jadi ia memilih yang jelas bernilai dulu.
Setiap pahala yang masuk akan sama bernilai poin bagi ID nya, dan itu sama fungsinya dengan uang untuk berbelanja nantinya.
Perburuan dimulai dari dalam rumahnya sendiri. Andro memukul di segala sudut rumah yang sering muncul atau adanya cicak. Andro membawa sapu lidi, tongkat sapu, pistol air, pistol canggih dengan laser. Ia juga mulai memakai baju rompi siap tempur. Ia mencari ke luar rumah, ke jalan-jalan. Banyak cicak yang justru mulai balik menyerang, sehingga Andro melawan dengan sengit dan terus ia menangkan pertarungan itu dengan alat-alatnya. Hingga tanpa sadar sudah berada di tengah hutan yang gelap, di sana ia digiring untuk terjebak sehingga bertemu dengan para algojo cicak yang berbadan besar.
Saat andro sudah terdesak, tiba-tiba muncul iklan virtual yang keluar dari hadapannya. Iklan itu menampilkan market soul service (Jasa Jiwa). Para cicak pun ikut heran dan malah menunggu iklan itu sampai selesai, ahahaha.
Di akhir iklan, muncul tombol penawaran apakah Andro bersedia membelinya ataukah memilik klik x.
Andro membelinya meskipun dengan harga yang sangat tinggi, berangsur muncul sosok mikro yang berseragam hero super. Micro memperkenalkan dirinya dan langsung bertempur mengalahkan para cicak dalam sekejap mata. Pertarungan satu lawan sekian banyak cicak tersebut akhirnya dimenangkan oleh Mincro. Andro selamat dari serangan balik para cicak, hanya saja ia telah menghabiskan seluruh uang/point yang ia kumpulkan demi membayar pembelian jasa Micro untuk keselamatan dirinya. Alhasil Micro yang sudah mendapatkan pembayaran jasa, juga mendapatkan keuntungan dari mengalahkan monster cicak. Micro berpamitan untuk kembali dan ia mengingatkan Andro untuk menggunakan jasanya jika perlu suatu saat nanti.
Andro yang merasa tidak terima hanya bisa teriak dan menangisi seluruh angka uangnya yang kembali harus menipis untuk pemulihan tubuhnya dari pertarugan. Andro baru sadar bahwa ia harus bersyukur karena masih diberi sehat daripada mengeluhkan banyak hal.
StoryLine + Dialog
1. Normal Perkenalan (RUMAH)
1. PEMANDANGAN |
/aduh sudah pagi aja |
//DINDING ADA LUKISAN, NAMPAK RANTING DI LUAR JENDELA //Cuit-cuit-cuit |
2. Andro duduk, lalu berjalan |
/teringat dulu serba disediain, aku sibuk melakukan sesuatu sampai melupakan pentingnya makan |
//DI KAMAR |
3. Gelisah mau melakukan apa |
/sekarang malah tidak ada niat melakukan apa-apa, sebelum bisa makan ~/lapar banget |
|
4. Minum |
/Cuma inikah isi perutku pagi ini? |
|
5. Mau makan |
/isi kulkas, zonk |
|
6. Tidak punya uang |
/isi dompet, pun zonk |
|
7. PEMANDANGAN |
|
//ATAP RUMAHNYA |
8. Menganggur |
/laparnyaaa! |
|
|
|
|
|
|
|
1.1 (JALAN)
1. PEMANDANGAN |
|
//TIANG LISTRIK DAN TEMBOK |
2. Jalan-jalan |
/Seekor induk burung tidak akan pulang dalam keadaan kelaparan, asalkan dia mau keluar sarang dan berusaha menemukan rezekinya yang sudah dipastikan. /tidak ada salahnya kan menerapkan hal yang sama, hehehe, mana nih rezeki gue |
|
3. Menemukan makanan |
/wah punya siapa itu, gratisan nih, lapar pun hilang… hehehe /ngung (suara anjing) /wah kalau memberi makan anjing berpahala nih, kan katanya plcr yang pernah ngasih minum seekor anjing bisa masuk ke surga |
//PEMANDANGAN KURSI |
4. Melihat ada semut |
/roti ini banyak semutnya, tapi untungnya sudah pada mati, ya sudah separuhnya buat kamu saja njing /ngung /loh kenapa tuh anjingnya!, kok mati /gawat! berati roti ini ada racunnya! /siapa pula yang sudah ngasih racun ke roti itu dan ditaroh begitu
saja, ternyata jadi miskin di kota ini sungguh membahayakan. hu hu hu /dan apakah aku justru bakal berdosa gara-gara membunuh anjing, waduduh. |
|
5. Melihat buah orang |
/Kebetulan nih, entah kenapa buah itu seperti memanggil-manggilku dari tadi, sikat aaah… |
|
6. Mau mengambil |
/lempar, sekali lagi, hampir kena |
//DENG DENG DENG |
7. Ketahuan |
/woy, itu buah Pak Urut! /siapa itu yang mau mengambil buah, Pencuri ya?! /astaga! Kok bisa iba-tiba datang tuh Pak Lahgasing |
|
8. Dikejar (Lahgasing) |
/woy jangan lari kamu! /kabuuur! |
|
|
|
|
|
|
|
2. Keinginan (RUMAH)
1. PEMANDANGAN |
|
//RUANG TAMU |
2. Ingin makan enak (menghayal) ingat saat lari ke rumah diejek Too dan Lee pakai Eskrim | /Enak banget mereka /nyenyenyenyenye, lihat nih, kami makan apa? Hi hi hi /Sialan Too dan Lee |
|
3. Tidak bisa terwujud | /Mungkinkah aku bisa begitu, aku mau makan eskrim juga (merengek) |
|
4. Ingin punya uang / Lihar status orang selalu makanan |
/Di mana lagi aku bisa dapat uang yah? /Enak banget hidup orang-orang (merengek) |
|
5. Pengalaman bekerja gagal (flashback) |
/kemarin dapat kerja dengan mudah |
|
6. Harus tampan (melihat cermin) |
/tapi harus tampan untuk bisa semudah itu |
|
7. Untuk tampan perlu uang |
/tapi juga harus punya uang untuk setampan itu |
|
8. Ingat membunuh cicak |
/terakhir dapat uang saat, memukul cicak! /ahaaa! |
|
|
|
|
|
|
|
3. Kesulitan (RUMAH)
1. PEMANDANGAN |
|
//ATAP RUMAHNYA |
2. cicak sulit digapai |
/kalau tinggi begini susah dapatnya (meninju dgn tangan kosong) |
|
3. sulit didekati |
/baru juga didekati sudah pada kabur mereka (yang di dinding) |
|
4. mencari bahan senjata (sapu dll) |
/nah, pakai ini pasti lebih gampang kan |
|
5. mencari di segala tempat |
/di sini ada kayu dan lain-lain |
|
6. merangkai |
/dengan ini, sejauh apa pun akan ku kejar kau cicak, hehehe |
//BERUSAHA MERANGKAI TAPI GAGAL |
7. membandingkan dengan sketsa |
/hmm - hmm |
/BERKERINGAT DINGIN |
8.senjata siap digunakan (ternyata pakai tangan) |
/Nah, begini kan keren! |
|
|
|
|
|
|
|
4. Halangan (RUMAH)
1. Masih belajar membidik |
/sial, ternyata masih sulit juga |
|
2. masih belajar menepuk |
/masih belum kena. curang kau cicak, hidupmu terlalu lincah |
|
3. sukses membidik |
/Naah! gimana tuh, hebat kan! |
1 point |
4. sukses menepuk |
/! hayoo siapa yang berani lawan, hi hi hi |
2 point |
5. mulai memburu di segala tempat |
/Ayo kita lanjutkan perburuan! |
5 point |
6. atas |
=, efek suara |
19 point |
7. dinding |
|
30 point |
8. bawah |
|
48 point |
|
|
|
|
|
|
5. Hampir sukses (RUMAH)
1. Loteng |
|
|
2. Belakang rumah |
|
|
3. depan rumah (taman) |
|
|
4. pohon-pohon |
|
|
5. dalam tv |
|
point? |
6. ada pemburu lainnya juga |
/hey siapa kau?! /kau yang siapa, dan mau apa di halaman rumahku? /ya aku hanya berburu cicak lah /eeh, kau tau hal itu juga? /ya tahu lah /apa tujuanmu mencari cicak? /yah, sekedar hobi saja /aduduh, sudah sana, jangan ganggu perburuanku di sini /oh jadi ini rumahmu /ya iyalah, oke, di luar sana jauh lebih banyak daripada di sini, daripada di rumahmu yang kecil ini. khu khu /tapi sebelum itu... |
//MUNCUL DLM GELAP |
7. berebut hasil, langsung berasa input koin |
/hey! mau ngapain?! /sudah ku bilang ini rumahku, jadi semunya itu milikku! /ternyata ente hebat juga, yah baiklah, aku cabut |
//DOR_DOR_DOR + 1 point |
8. membidik orang, minus koin (dosa) jadi kurang beberapa |
/hiiiih! rasakan ini! (kesal) /lang udah sombong, ngelunjak yah! /loh, kok ngaruh ya? /ahaha, terima kasih atas transferannya /ooh jadi gitu ya cara kernjanya /8 point lumayan lah ya /eh, di gue kurangnya 10 point kok /iya 2 pointnya buat biaya admin /sialan |
//DOR - 10 point + 8 point |
- Tambahan |
/BTW, katanya di luar bener lebih banyak apa dia cuma bohong yah? hehehe |
|
|
|
|
5.1 (JALAN)
1. PEMANDANGAN |
|
//JALAN KAMPUNG |
2. cari di tembok jalan |
/wah ternyata bener! |
|
3. tiang listrik |
/ini seperti tempat mereka berkumpul |
//DOR_DOR_DOR |
4. dinding rumah ani |
/dan di situ juga |
//TUK_TUK |
5. ani keluar |
|
|
6. nyanyi bareng |
|
|
7. berisik (dimarahin) |
/Berisiiiiik! /Astagfirullah! |
|
8. lari |
/Ah, iya iya... maaf` /kok aku jadi meladeni orang itu sih, fokus cicak- fokus berburu demi cari monay... |
|
|
|
|
|
|
|
5.2 (HUTAN)
1. PEMANDANGAN |
|
//HUTAN DI BALIK TAMAN |
2. semak |
/wah di sana itu |
|
3. pohon |
/sama banyaknya |
|
4. sarang cicak/nongki |
/ini tempat nongki mereka kali ya, ahahaha |
|
5. telur cicak |
/astaga, ini nih biangnya |
|
6. pemusnahan seperti PBB |
/hmmm /rasakan ini! |
//DOR_DOR_DOR |
7. poin sudah sangat banyak |
|
//CRING 420.079 point |
8. menghayal |
/point ku sudah sangat banyak, ahahaha /nanti aku mau beli kendaraaan, atau beli sepeda dulu ya... oh iya yang lebih penting beli makanan yang enak dan lezat dulu tentunya /setelah itu aku mau beli baju-baju keren, ehehehe, hi hi hi |
|
- Ada cicak yang amat licik, menjebak |
/eh... siapa itu? /cik cak cik cak cik cak |
|
|
|
//SLIDE pemandangan berkali-kali |
6. Masalah membesar (HUTAN)
1. PEMANDANGAN |
on top |
//LANGIT |
2. Muncul cicak besar |
/Heeerrr... /hiii~ |
//DEG |
3. kaget dan lari |
/Apaaaa ituuu! |
|
4. tak bisa lari |
|
//SELALU TERHADANG |
5. melawan tapi sulit |
|
//BERTARUNG |
6. berhasil |
/hehehe ternyata aku bisa |
|
7. sombong |
/dasar cicak tidak berguna |
|
8. muncul lagi 1 cicak besar |
/ada lagi?! /apakah aku tidak seberharga itu? /Hoaaarrr! /100.000 berry |
|
- sulit dilawan dan muncul banyak |
/ternyata sulit /hah! bertambah lagi?! /aku harus lari sekarang |
|
|
|
|
7. Solusi/pelerai (HUTAN)
1. PEMANDANGAN |
|
//ON TOP |
2. Andro babak belur |
/huh huh |
//DARAH OPO BERKURANG |
3. Sangat terdesak, lalu muncul iklan |
/aku sudah sampai batasnya, mungkinkah ini akhir dari hariku? /HALO GUYS, JIKA KALIAN DALAM KESULITAN DAN BUTUH BANTUAN, LANGSUNG SAJA KLIK TOMBOL BELI DI BAWAH INI /AKU ADALAH SUPER HERO YG PALING TANGGUH, PALING KUAT DAN PALING CEKATAN /APA LAGI YG ANDA TUNGGU, SEKARANG TEKAN TOMBOL BELI, JANGAN SAMPAI PENYESALAN MENDAHULUI KEINGINANMU |
//HALO GUYS |
4. menyaksikan iklan |
|
//CICAK IKUT NONTON |
5. membeli dan Micro hadir |
/tekan ini ya... /eh! /terima kasih telah menggunakan jasa kami |
//KLIK |
6. Micro bertarung |
|
|
7. Micro menang |
/ahaha bagus, hajar terus |
|
8. Andro terheran |
|
|
- Andro merasa tenang |
/wah aku terselamatkan |
|
|
|
|
8. Tambahan (HUTAN)
1. Baru sadar uangnya habis |
/eh... uangku! |
|
2. Micro untung besar dan pergi |
/sekali lagi, terima kasih sudah menggunakan jasa kami, sampai bertemu lagi, hehe |
|
3. Pemulihan, uang berkurang |
/aku masih harus memulihkan dirku secara instan /uangku harus kembali berkurang, hu hu hu |
|
4. Andro menangis dan teriak |
/my monaaaaaaay!! hu hu hu~ |
|
5. Andro sadar untuk bersyukur |
/tapi untung saja aku tidak harus sampai mati hari ini |
|
6. Andro belajar menjadi kuat |
/sepertinya aku harus menjadi kuat agar bisa mandiri dalam keadaan seperti tadi |
|
7. pulang dengan lapang |
/coba kita lihat temuan apa yang ada di inventory |
//memilih makanan |
8. Andro makan dari temuan |
/nyam nyam nyam... |
|
|
|
//di sudut kegelapan ada mata yang masih dendam |
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar